Analisa Iklan "Nyam - Nyam"
link iklan http://www.youtube.com/watch?v=wKez1f2nYU4&feature=colike
Tipe iklan : Video
Durasi :31 s
Nyam nyam merupakan makanan ringan
atau yang sering disebut dengan snack dengan segmentasi anak-anak berusia
sekitar 6 – 10 tahun. Berbentu seperti biskuit stick yang memiliki rasa yang
beraneka ragam seperti strawberry, coklat, coklat dan misis warna-warni dan
chocochip. Harganya pun tidak terlalu mahal seperti snack pada umumnya seperti
saat ini. Selain mudah untuk didapat ditoko-toko terdekat, nyam-nyam juga
memiliki kemasan yang lucu dan menarik sehingga anak-anak tertarik untuk
membeli.
Iklan nyam-nyam ini merupakan iklan
yang paling baru dari produk ini karena sampai saat ini produk nyam-nyam belum
memproduksi kembali videonya.
Konsep kreatif pada iklan ini ialah
menonjolkan betapa lezat dan mengasyikkannnya mengkonsumsi Nyam-Nyam. Dengan
mengkonsumsi Nyam-Nyam bagaikan bermain seluncur diatas pelangi dengan
dikelilingi oleh air mancur coklat, rumah coklat dan hujan chocochip yang
renyah. Dengan ditemani oleh Tiger sang maskot Nyam-Nyam membuat suasana
bermain menjadi semakin seru dan menyenangkan. Suasana seperti ini lebih cocok
jika segmentasinya adalah anak-anak berusia
<10 tahun.
Sesuai konsep kreatif yang sudah
saya jelaskan diatas bahwa iklan ini seperti mengkomunikasikan kepada khalayak
khususnya anak-anak bahwa Nyam-Nyam itu snack yang lezat dan menyenangkan. Oleh
karena itu iklan ini dibuat dengan tidak terlalu menggunakan banyak dialog
namun bermain pada imaginasi dengan penggunaan warna yang warna-warni dengan
background music yang lucu dari pertengahan iklan sampai akhir. Penggunaan
sedikit dialog ditujukan agar iklan ini dapat mudah diingat oleh anak-anak atau
bersifat memorable.
Menurut pengamatan saya bahwa
Nyam-Nyam tetap konsisten dengan karakter desainnya dan packaging produknya oleh
karena itu dia masih eksis sampai dengan saat ini. Walaupun tidak pernah
terlihat lagi iklannya di televisi. Dan menurut pengamatan saya ketika berada
di supermarket adalah bahwa kebanyakan yang membeli Nyam-Nyam ialah anak-anak
yang merengek kepada orang tuannya untuk minta dibelikan Nyam-Nyam.
Dilihat dari eksekusi dilapangan dan
dari konsep yang mereka angkat, terbukti
bahwa produk Nyam-Nyam menurut saya sesuai dengan target dan itulah yang membuat
Nyam-Nyam dapat mempertahankan brand image sampai dengan saat ini.
menarik banget buat dibaca
BalasHapuspengolahan daging sapi