Rabu, 26 September 2012

Analisa Iklan "Nyam - Nyam"

link iklan http://www.youtube.com/watch?v=wKez1f2nYU4&feature=colike

Tipe iklan : Video
Durasi :31 s

            Nyam nyam merupakan makanan ringan atau yang sering disebut dengan snack dengan segmentasi anak-anak berusia sekitar 6 – 10 tahun. Berbentu seperti biskuit stick yang memiliki rasa yang beraneka ragam seperti strawberry, coklat, coklat dan misis warna-warni dan chocochip. Harganya pun tidak terlalu mahal seperti snack pada umumnya seperti saat ini. Selain mudah untuk didapat ditoko-toko terdekat, nyam-nyam juga memiliki kemasan yang lucu dan menarik sehingga anak-anak tertarik untuk membeli.
            Iklan nyam-nyam ini merupakan iklan yang paling baru dari produk ini karena sampai saat ini produk nyam-nyam belum memproduksi kembali videonya.
            Konsep kreatif pada iklan ini ialah menonjolkan betapa lezat dan mengasyikkannnya mengkonsumsi Nyam-Nyam. Dengan mengkonsumsi Nyam-Nyam bagaikan bermain seluncur diatas pelangi dengan dikelilingi oleh air mancur coklat, rumah coklat dan hujan chocochip yang renyah. Dengan ditemani oleh Tiger sang maskot Nyam-Nyam membuat suasana bermain menjadi semakin seru dan menyenangkan. Suasana seperti ini lebih cocok jika segmentasinya adalah anak-anak berusia  <10 tahun.
            Sesuai konsep kreatif yang sudah saya jelaskan diatas bahwa iklan ini seperti mengkomunikasikan kepada khalayak khususnya anak-anak bahwa Nyam-Nyam itu snack yang lezat dan menyenangkan. Oleh karena itu iklan ini dibuat dengan tidak terlalu menggunakan banyak dialog namun bermain pada imaginasi dengan penggunaan warna yang warna-warni dengan background music yang lucu dari pertengahan iklan sampai akhir. Penggunaan sedikit dialog ditujukan agar iklan ini dapat mudah diingat oleh anak-anak atau bersifat memorable.
            Menurut pengamatan saya bahwa Nyam-Nyam tetap konsisten dengan karakter desainnya dan packaging produknya oleh karena itu dia masih eksis sampai dengan saat ini. Walaupun tidak pernah terlihat lagi iklannya di televisi. Dan menurut pengamatan saya ketika berada di supermarket adalah bahwa kebanyakan yang membeli Nyam-Nyam ialah anak-anak yang merengek kepada orang tuannya untuk minta dibelikan Nyam-Nyam.
            Dilihat dari eksekusi dilapangan dan dari konsep yang  mereka angkat, terbukti bahwa produk Nyam-Nyam menurut saya sesuai dengan target dan itulah yang membuat Nyam-Nyam dapat mempertahankan brand image sampai dengan saat ini.


1 komentar: